Objek Wisata Budaya di Bali yang Memukau

662 views Leave a comment

Budaya menjadi saksi biksu dalam potongan sejarah di masa lampau. Peninggalan budaya Bali mempunyai kesan yang eksotis dan unik, namun di sisi lain menampilkan kesan magis yang cukup kental. Banyak tempat objek wisata budaya di Bali yang masih bertahan hingga sekarang dan pemerintah terus melakukan pemugaran untuk memelihara kekokohan tiap bangunan. Setiap tempat memberikan keindahan yang memukau sekaligus memberikan sentuhan spiritual. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini untuk lebih mengenal budaya Bali.

  1. Garuda Wisnu Kencana

Anda dapat berkunjung ke patung Garuda Wisnu Kencana atau yang disingkat dengan GWK saat menikmati Paket Tour Bali. Awalnya dibangun oleh seorang seniman kenamaan Bali bernama Nyoman Nuarta. Saat Anda berkunjung ke GWK Anda akan melihat potongan patung yang sedang dalam proses pembangunan menjadi sebuah patung raksasa Dewa Wisnu menunggangi garudanya. Dikatakan tinggi patung ini akan mencapai 125 meter pada saat berdiri tegak nantinya. Anda tidak hanya bisa melihat patung yang eksentrik ini, namun Anda juga bisa menikmati pagelaran budaya tari yang sering diselenggarakan di kawasan GWK ini.

  1. Taman Tirta Gangga

Taman Tirta Gangga menjadi salah satu objek wisata budaya di Bali yang cantik. Sebagai salah satu peninggalan dari Kerajaan Karangasem, taman ini masih sangat terjaga kondisinya sejak berdiri tahun 1948. Disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan taman air, tempat pemandian yang menakjubkan dan 2 kolam renang yang memiliki sumber dari mata air pegunungan. Pada salah satu kolam ikan, Anda akan menemukan tempat berpijak dimana Anda bisa melangkahkan kaki di atas kolam tersebut. Suasana yang indah, sejuk, dan asri membuat Anda lebih santai dan relaks saat berkunjung ke Taman Tirta Gangga ini.

  1. Kertha Gosa

Dibangun pada masa kerajaan Klungkung atas gagasan I Dewa Agung Jambe, raja terakhir yang bertakhta pada saat itu. Objek wisata budaya di Bali ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di Kerta Gosa ini akan dapat melihat saya tarik seni berupa lukisan tradisional (gaya wayang) yang terdapat di langit-langit sebuah bangunan. Lukisan ini memiliki cerita mengenai pahala, karma, filsafat hidup, petuah, dan lain sebagainya. Tak kalah menariknya susunan kursi persidangan pada jaman kerajaan dahulu yang tertata dengan apik. Ketika Anda berkeliling di kawasan ini, Anda akan menemukann bangunan yang dikelilingi oleh kolam bernama Taman Gili.

  1. Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi ini hampir menyerupai Monas di Jakarta yang berfungsi sebagai monumen tugu peringatan. Nama Bajra Sandi berasal dari kata Bajra dan Sandhi. Bajra artinya Genta dan Sandhi artinya suci. Objek wisata budaya di Bali ini sangat kental dengan arsitektur Bali yang memiliki banyak keunikan pahatan dan ukiran khas Bali. Di dalam monumen terdapat museum yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Bali dari masa pra sejarah, perkembangan peradaban rakyat Bali, sejarah perkembangan kerajaan Bali, hingga jaman perjuangan rakyat Bali merebut kemerdekaan yang digambarkan dalam 33 diorama. Setiap setahun sekali, disini juga diselengarakan parade pesta kesenian.

  1. Pura Luhur Uluwatu

Sebagai objek wisata di Bali yang cukup populer karena menjadi tempat untuk menyaksikan keindahan marahari terbenam. Tidak ada yang tahu persisnya kapan pura ini dibanguna namun menurut perkiraan Pura ini berdiri sejak abad ke 8. Keunikan pura ini adalah posisinya yang terletak menjorok ke tengah lautan dengan ketinggian kurang lebih 97 meter. Tidak hanya itu, tebing berbatu di sekeliling pura dan deburan ombak yang menerpa kaki tebing menambah suasana romantis. Keindahan pemandangan pura ini memang sangat memukau. Anda juga bisa menikmati tari kecak Uluwatu yang dipentaskan di panggung terbuka.

  1. Taman Soekasada Ujung

Taman Soekasada Ujung dibangun pada tahun 1909 oleh seorang arsitek Belanda dan seorang arsitek China dengan desain yang mengkombinasikan arsitektur Bali – Eropa. Kawasan taman ini terdapat tiga buah kolam ikan berukuran cukup besar. Satu kolam di bagian Selatan, dan dua kolam lain di bagian Utara. Khusus di kolam bagian Selatan, Anda dapat menemukan bangunan di tengah kolam yang bernama Bale Bengong.

Bagikanlah...