Beranda » sibolang » Arti kata Penglipuran menurut pemuka desa adat Penglipuran
Paket Honeymoon Bali murah

Seandainya saat ini anda sedang mencari  arti kata Penglipran  kami berharap artikel singkat ini bisa menjadi jawabanya hehehe .,. Bali ialah objek wisata yang paling terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun manca negara. Salah satunya desa wisata panglipuran. Desa Wisata Panglipuran disusun pada jaman Bali Mula, masyarakat Desa Wisata Panglipuran mengakui bahwa leluhur mereka berasal dari Desa Bayung Gede Kintamani.

Kata Penglipuran ini berasal dari kata Lipur yang berarti menghibur hati, jadi penglipuran dengan kata lain tempat guna menghibur hati seraya bekerja di ladang, lama-kelamaan menjadilah Panglipuran. Para pemuka adat setempat menuturkan bahwa nama Penglipuran berisi arti Pengeliling Pura, suatu tempat suci untuk memperingati leluhur. Tanah yang kini ini dinamakan dengan Desa Wisata Panglipuran adalahhadiah dari raja Bangli sebab penduduk desa berani bertempur melawan kerajaan Gianyar.

Desa Penglipuran yang sudah didaulat menjadi desa wisata semenjak tahun 1992 ini merupakan area perdesaan di Bali yang mempunyai tatanan tertata baik secara jasmani maupun struktur pemerintahan desa, serta tidak lepas dari nilai-nilai kebiasaan yang dipegang teguh oleh masyarakat.
Desa Wisata Panglipuran sedang di desa Kubu Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli berjarak 45 km dari kota Denpasar. Letaknya berada di wilayah dataran tinggi disekitar kaki Gunung Batur  jika  anda ingin lebih mendalaminya bisa mengikuti paket wisata bali 4 hari 3 malam promo .

Ciri Khas Rumah Di Desa Wisata Penglipuran

Keunggulan dari Desa Wisata Penglipuran ini dikomparasikan dengan desa- desa lainnya di Bali ialah bagian depan lokasi tinggal serupa dan seragam dari ujung utama desa hingga bagian hilir desa. Desa tersusun sedemikian rapinya yang mana wilayah utamanya terletak lebih tinggi dan semakin menurun hingga kedaerah hilir. Selain format depan yang sama, adanya pun keseragaman format dari bahan untuk menciptakan rumah tersebut. Seperti bahan tanah guna tembok dan guna bagian atap tercipta dari penyengker dan bambu guna bangunan di semua desa. Disetiap lokasi yang dirasakan sakral atau disucikan diberi kain berwarna hitam putih laksana papan catur.

 

Beberapa ciri dari Desa ini yakni :

Setiap lokasi tinggal ada pura Antara rumah, dapur (poon), dan
mbale (tempat guna pernikahan) berlokasi terpisah
Rumah menghadap terserah tuan rumah
Dapur (poon) menghadap ke utara
Mbale menghadap ke selatan

Setiap rumah melulu ada satu kepala keluarga. Desa Penglipuran ada 77 kepala keluarga. Warga Desa ini boleh berpoligami namun harus berlokasi tinggal yang terpisah dari dusun ini, yang dinamakan Karangmadu.

 

Kehidupan Masyarakat Di Desa Adat Penglipuran

Mata pencaharian semua penduduk desa Panglipuran ialah sebagai petani. Dimana sawah menjadi andalan harapan mereka disamping kerajinan tangan yang mereka jual untuk para wisatawan yang berangjangsana ke desa mereka. Penduduk desa ini dilimpahi hujan yang lebat tiap tahunnya sehingga mempermudah penduduknya dalam bercocok tanam dan masalah irigasi. Serta banyak sekali tanaman yang ditanam oleh petani di ladang yakni buah durian dan manggis.

Berikut ulasan singkat arti kata Penglipuran yang di himpun dari beberapa sumber , semoga artikel di atas bermafaat , jika artikel tersebut tersa kuran andapun bisa mebuatkan artikel untuk kami dan silahkan di kirim ke pandutravelku@gmail.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.