15 Tempat Wisata unik di Aceh yang mendebarkan jiwa

190 views Leave a comment
Pulau Rubiah Aceh

Tempat wisata unik di Aceh sangatlah banyak, jadi sangat sayang jika kamu tidak mengunjunginya. Aceh merupakan provinsi paling ujung di pulau Sumatera. Dimana daerah ini dijuluki serambi Mekkah karena kebudayaannya tidak dapat terlepas dari agama Islam. Pernah menjadi Daerah Operasi Militer, membuat banyak tempat wisata tidak terjamah padahal banyak sekali tempat yang memiliki potensi yang besar selain 15 tempat wisata populer di Riau . Serta pada tahun 2004 provinsi ini diterjang musibah gempa dan tsunami yang menelan banyak korban. Namun saat ini masyarakat Aceh telah bangkit dari keterpurukan dibuktikan dengan bangkitnya sektor pariwisata sehingga banyak sekali wisatawan baik luar maupun dalam negri mengunjungi tempat ini. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tak heran jika Aceh memiliki potensi wisata pantai yang tidak kalah indah dari daerah lain di Indonesia. Namun saat berkunjung di tempat ini kamu tidak hanya disuguhkan wisata alam namun juga wisata kuliner, religi, sejarah, dan bencana. Sehingga pengetahuan kamu akan bertambah setelah berkunjung ke daerah ini.

 

 

 

Musium Sunami Aceh

  1. Museum Tsunami

Tsunami merupakan luka untuk semua warga Aceh, karena itu untuk mengenang bencana tersebut dibangunlah museum tsunami sebagai bukti bahwa bencana ini pernah meluluh lantakkan Aceh dan menghormati korban yang wafat dalam musibah tersebut. Museum yang dirancang oleh Walikota Bandung saat ini yaitu Ridwan Kamil memamerkan barang dan foto yang berbau tsunami. Serta bangunan ini juga dirancang untuk dapat mengevakuasi orang saat bencana. Terdapat beberapa bagian ruangan pada museum ini yaitu lorong tsunami, ruang kenangan, sumur doa, lorong cerobong, dan jembatan harapan. Dimana setiap ruang menggambarkan situasi masyarakat Aceh saat tsunami.

 

Pulau Rubiah Aceh

  1. Pulau Rubiah

Merupakan bagian dari daerah Sabang, sangat disayangkan jika kamu tidak menjelajahi lautnya. Karena pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya dimana terdapat 14 dari 15 biota laut yang dilindungi Indonesia ada pada pulau ini. Serta terumbu karangnya tidak kalah eksotis untuk kamu lewatkan. Atau kamu dapat juga mengambil paket honeymoon Bali dan paket liburan Bali jika sangat suka snorkeling. Nama pulau ini diambil dari nisan yang terdapat disana.

 

Danau Laut Tawar Aceh

  1. Danau Lut Tawar

Beranjak ke kota dingin Takengon, terdapat danau yang sangat indah yaitu danau Lut Tawar. Dimana saat berkunjung di danau seluas 5.472 hektar ini kamu akan merasakan udara khas pegunungan. Sangat cocok untuk kamu yang suka ketenangan, serta di sekitar danau juga terdapat tambak ikan milik warga sekitar.  Pemandangan pada danau ini juga tidak kalah indah dari danau lainnya.

 

Benteng Indra Patra Aceh

  1. Benteng Indrapatra

Jika kamu suka berwisata sejarah tempat wisata ini dapat kamu masukkan dalam list. Terletak di desa Ladong Kabupaten Aceh Besar, benteng ini merupakan pertahanan yang dibangun sejak zaman Kerjaaan Lamuri yang merupakan kerajaan Hindu pertama di Aceh. Tidak jauh dari benteng ini terdapat benteng Iskandar Muda yang terdapat 2 buah sumur dengan diatapi kubah. Benteng Iskandar Muda menghadap langsung ke Selat Malaka.

 

Tugu Nol Kilometer Aceh

  1. Tugu Nol Kilometer

Tidak sah liburan ke Aceh jika kamu tidak mengunjungi tempat ini. Merupakan lambang perbatasan negara Indonesia, monumen ini terletak di desa Iboih Kota Sabang. Dengan memakan waktu 55 menit jika kamu dari pusat kota Sabang. Serta kamu akan diberikan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu telah berkunjung ke tempat ini.

 

Masjid Raya Baiturrahman

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Merupakan salah satu tempat wisata religi, masjid ini dibangun saat masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Terkenal karena keindahan dari segi arsitekturnya yang sangat kental dengan khas India. Ditambah lagi dengan kolam pada tengah masjid yang menambah kesan megahnya, apalagi saat ini dibangun payung seperti masjid Nabawi. Masjid ini juga merupakan saksi bisu bencana tsunami dan sejarah penjajahan Belanda.

 

Tebing Lamreh Aceh

  1. Tebing Lamreh

Tebing yang terletak di dekat Pelabuhan Malahayati ini dapat memanjakan mata kamu dengan keindahan hamparan laut dan pasir putihnya. Ditambah lagi di atas tebing terjal ini kamu dapat berfoto ria dengan latar birunya langit beserta hamparan laut yang luas.

 

Kampung Serule Aceh

  1. Kampung Serule

Serule dipeluk  pinus mercusi yang menutup ribuan lahan di kawasan Serule yang bertanah liat berwarna kuning, ribuan, mungkin ratusan ribu hektar. Sepanjang mata memandang menjadi permadani pohon berdaun jarum

 

ujung nunang

  1. Ujung Nunang

Tempat ini sangat populer di kalangan warga Aceh. Terletak di Kabupaten Aceh Jaya kamu dapat melihat pemandangan laut dari atas. Dimana sangat pas jika kamu berkunjung saat sunset. Disini kamu juga dapat bertemu dengan monyet yang cukup jinak dimana dapat kamu dapat berfoto bersama. Serta disini kamu dapat menikmati kopi khas Aceh sambil menikmati pemandangan.

 

Rumah Cut Nyak Dhien

  1. Rumah Cut Nyak Dhien

Merupakan salah satu pahlawan wanita asal Aceh, kamu dapat mengunjungi rumah Srikandi Indonesia ini untuk mengenangnya. Terletak di desa Lampisang kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Namun rumah sekarang ini merupakan replika karena rumah yang asli tempat Cut Nyak Dhien menyusun strategi perang telah dibakar oleh Belanda.

 

Pantan Terong

  1. Pantan Terong

Merupakan bukit, dimana kamu dapat menikmati keindahan kota Takengon dari atas. Berada di ketinggian 1830 meter di atas laut, kamu dapat melihat danau Lut Tawar dengan jelas dari sini. Sangat pas jika kamu kunjungi saat sunrise atau sunset. Jangan lupa membawa baju hangat karena udara sekitarnya cukup dingin.

 

Air Terjun Blang Kulam

  1. Air Terjun Blang Kulam

Terletak di Aceh Utara, air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter. Dikelilingi pohon-pohon yang rindang membuat tempat ini sangat sayang untuk dilewatkan. Disini terdapat kolam sehingga apabila anak-anak berenang akan aman.

 

Pasi Saka Aceh

  1. Pasi Saka

Terletak di Aceh Jaya, pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia ini terletak tersembunyi. Dimana kamu harus melewati bukit Ujong Gla, pasi artinya pasir sedangkan saka artinya gula. Dinamakan demikian karena butiran pasir pada pantai ini bewarna putih seperti gula.

 

Pantai Lampuuk

  1. Pantai Lampuuk

Merupakan tempat wisata favorit di Banda Aceh, pantai ini menawarkan keindahan yang tidak biasa. Memiliki garis pantai sepanjang 5 km, di pantai ini kamu dapat berselancar, berjemur, berenang, dan bermain banana boat. Dan jangan lupakan untuk melihat sunset di tempat ini atau bagi kamu yang suka dengan suasana pantai dapat mengambil paket honeymoon Bali dan paket liburan Bali.

 

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

  1. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

Taman ini terletak pada gunung Seulawah yang termasuk dalam kawasan administratif Aceh Besar dan Pidie. Disini kamu dapat menikmati udara hutan di atas rumah pohon. Tidak hanya itu, kamu dapat melihat berbagai jenis flora di kawasan ini karena masih dalam hutan. Disini kamu dapat menikmati air terjun yang panas, kawah belerang, dan bendungan peninggalan Belanda. Semua ini merupakan tempat wisata unik di Aceh.