10 Makanan Khas Bali yang Enak untuk Dicoba

100 views Leave a comment

Saat berlibur ke Bali, Anda juga harus menikmati perjalanan wisata kuliner khas Pulau Dewata ini. Tidak hanya sebagai pengisi perut, namun Anda mencicip makanan yang mungkin belum tentu ada di wilayah tempat Anda tinggal. Indonesia terkenal akan makanannya yang berlimpah dengan rempah, begitu juga dengan di Bali. Makanan Bali memang umumnya didominasi oleh rasa gurih pedas, namun tidak semuanya. Dari sekian keragaman makanan khas Bali yang enak, berikut beberapa pilihan makanan yang patut Anda coba ketika sedang wisata ke Pulau Bali.

  1. Ayam / Bebek Betutu

Ayam atau bebek betutu merupakan makanan khas bali yang enak dan populer di kalangan wisatawan asing dan wisatawan lokal. Daging ayam atau bebek dimasukkan bumbu dan rempah pada bagian perutnya kemudian diolah dengan dipanggang diatas bara api. Citarasa makanan ini pedas dan gurih menggugah selera makan. Jadi lengkapi Paket liburan ke Bali Anda dengan mencicipi makanan khas Bali yang satu ini.

  1. Sate Lilit

Sate lilit ini berbahan dasar dari ikan tenggiri yang dicincang dan dicampur dengan racikan bumbu khas bali kemudian dililitkan pada batang serai. Diolah dengan cara dipanggang, sate lilit ini mempunyai tekstur yang lembut saat digigit. Harumnya dari batang serai yang ikut terpanggang, menambah sentuhan citarasa yang lezat.

  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo menjadi salah satu makanan khas Bali yang enak untuk dicoba. Tampilannya hampir seperti nasi kucing khas makanan Jawa. Nasi yang ditambahkan dengan aneka lauk seperti mie goreng, ayam suwir, dan lainnya kemudian ditambah dengan sambal lalu dibungkus dengan daun pisang. Ynag membuatnya unik, porsi makanan ini sedikit yaitu hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Oleh sebab itu harganyapun bisa didapati dengan sangat terjangkau.

  1. Lawar

Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata dengan parutan kelapa dan rempah. Penamaannya bervariasi, biasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannya. Bila yang digunakan daging ayam maka lawar yang dihasilkan disebut lawar ayam, begitu juga bila yang digunakan sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka.

  1. Blayag Raja

Makanan khas Bali yang enak ini sebenarnya sudah mulai jarang ditemukan. Berasal dari daerah Buleleng, Blayag Raja terbuat dari ketupat yang disajikan dengan ayam, telur, kacang, dan sambal kemudian disiram dengan kuah kare. Dengan rasa yang gurih pedas, Blayag Raja cocok sebagai sarapan sebelum berkeliling di Pulau Bali.

  1. Rujak Kuah Pindang

Bagaimana ya rasanya perpaduan antara rujak dan masakan kuah pindang? Rujak kuah pindang memang makanan khas Bali yang enak dan autentik. Makanan ini berisi berbagai jenis buah seprti kedondong, bengkoang, belimbing, mentimun, mangga muda, dan lainnya kemudian disiram dengan kuah pindang yang berasal dari rebusan air kepala ikan tongkol yang diracik dengan bumbu Bali. Perpaduan citarasa antara asam, manis, dan pedas membuat Anda bersemangat.

  1. Sate Plecing

Untuk Anda yang berani makan sambal, wajib mencoba sate plecing ini. Gurihnya daging yang dibakar hingga menghasilkan tekstur yang empuk, berpadu dengan pedasnya bumbu plecing yang terbuat dari cabe rawit. Citarasa yang pedas bercampur dengan gurih lezat, membuat sate plecing menjadi makanan khas Bali yang enak.

  1. Bagiak

Bisa dibilang Bagiak merupakan cemilan khas Bali atau bisa juga dibawa sebagai oleh-oleh. Kue tradisional Bali ini terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa dan yang lainnya. Rasanya manis dan besarnya hanya sepanjang jari telunjuk orang dewasa. Gigitan pertama akan terasa sedikit keras, tapi ketika sudah masuk ke dalam mulut, kue ini pecah dan perlahan-lahan meleleh di atas lidah. Tersedia berbagai varian rasa seperti kayu manis, jahe, kacang, dan susu yang cocok sebagai teman minum teh.

  1. Serombotan

Makanan khas bali yang enak kali ini bernama Serombotan dengan berbahan dasar sayur seperti bayam, tauge, kacang panjang, buncis, terong, dan kangkung. Semua sayuran ini dipersatukan dengan siraman bumbu kuah yang terbuat dari santan yang dicampur rempah. Layaknya salad bergaya Indonesia, makanan ini bukan hanya lezat namun juga menyehatkan.

  1. Nasi Campur ayam

Nasi campur ayam menjadi makanan yang lengkap dalam satu sajian karena sudah terdiri dari nasi, lauk, dan sayur dalam satu piring. Isinya mulai dari sate lilit, tum ayam, jukut urap, telur pindang Bali, lawar ayam, kacang tanah goreng, dan sambal matah. Seporsi nasi campur ayam, cukup menambah energi Anda untuk berkeliling wisata di Pulau Bali saat anda memilih Paket tour Bali murah karena ukurannya memang mengenyangkan.